Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol
Kulit Di Area Bekas Luka

Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

5 Min Reading

Oleh karena sebab tertentu, kamu memutuskan untuk melakukan persalinan dengan cara operasi Caesar atau C-Section. Selama operasi Caesar, dokter yang menangani persalinan akan membuat dua sayatan. Sayatan pertama melalui kulit perut bagian bawah, sekitar satu atau dua inci di atas garis rambut kemaluan. Sayatan kedua adalah ke dalam rahim untuk bisa mencapai dan mengeluarkan bayi dari kandungan.1

Luka bekas operasi Caesar ditutup dengan beberapa cara yang sesuai kondisi. Ada yang menggunakan jahitan, staple hingga glue.1 Terlepas dari cara melakukan operasi dan menutup lukanya, perlu diketahui bahwa prosedur persalinan tersebut akan meninggalkan bekas luka yang menonjol. Apa itu luka bekas operasi Caesar menonjol dan bagaimana menghilangkannya, temukan informasinya di bawah ini.

Bagaimana Tampilan Luka Bekas Caesar?

Bekas luka operasi Caesar biasanya sepanjang 10 hingga 15 cm dengan lebar sekitar 0,3 cm. Ketika masih baru, kemungkinan bekas luka akan sedikit terangkat, bengkak, dan berwarna merah muda hingga kemerahan. Kulit di sekitarnya juga akan berwarna merah muda, namun ini akan memudar. Kemudian bekas luka akan berubah menjadi lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit, dan akhirnya menjadi putih atau mendekati warna kulit asal. Bekas luka akan menjadi lebih tipis dan rata dengan kulit yang sedikit berkerut di atasnya.2

Faktanya, bekas luka Caesar adalah hal yang normal karena merupakan jaringan yang diciptakan tubuh saat menyembuhkan dirinya sendiri. Sayangnya, terkadang tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap proses penyembuhan yang mengakibatkan penumpukan kolagen di area yang terluka. Akibatnya, bekas luka tidak sembuh dengan mulus dan malah memiliki permukaan lebih tinggi dari kulit sekitarnya2 yang disebut dengan luka bekas operasi caesar menonjol.

Mengenal Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

Bekas operasi Caesar menonjol ini biasanya terjadi dengan permukaan lebih tinggi daripada kulit di sekitarnya. Bekas luka menonjol ini dapat muncul di mana saja yang mengalami cedera kulit, tetapi biasanya terbentuk di daun telinga, bahu, pipi, dada, atau di lokasi yang mengalami tindakan operasi termasuk operasi Caesar. Bekas operasi caesar menonjol tidak berbahaya bagi kesehatan fisik, tetapi dapat menyebabkan tekanan emosional karena kehadirannya mengganggu penampilan.3 Ciri-ciri bekas operasi Caesar menonjol adalah:3

Cara Memudarkan Bekas Operasi Caesar Menonjol

Bekas luka menonjol ini tidak berbahaya maupun menular, dan bisa dibuat memudar dengan banyak cara. Terkadang karena kondisi tertentu dibutuhkan lebih dari satu metode untuk membuatnya memudar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.4

  1. Perban Kompresi
    bekas luka menonjol baru, perawatan pertama yang bisa dilakukan adalah perban kompresi yang terbuat dari kain elastis atau bahan lain yang elastis. Metode ini juga digunakan setelah operasi untuk mencegah bekas luka menonjol. Tujuan perawatan ini adalah mengurangi atau mencegah bekas luka dengan memberikan tekanan pada luka saat sembuh. Metode ini perlu dilakukan selama 12 hingga 24 jam sehari selama 4 hingga 6 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kendati sederhana, buat sebagian orang cara ini bisa sangat tidak nyaman.
  2. Obat suntik
    Jika memiliki bekas luka menonjol berukuran kecil, dokter mungkin mencoba mengurangi ketebalannya dengan menyuntikkan kortison atau steroid lainnya. Waktu yang dibutuhkan hingga bekas luka menonjol lebih rata adalah sekitar 6 bulan dengan injeksi setiap bulan. Metode ini memiliki efek samping yaitu penipisan kulit, pembuluh darah laba-laba, dan perubahan warna kulit yang permanen (hipopigmentasi atau hiperpigmentasi).
  3. Pembekuan bekas luka
    Bekas luka menonjol bisa dikurangi atau dihilangkan dengan membekukannya menggunakan nitrogen cair (cryotherapy). Pengobatan berulang mungkin diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Efek samping cryotherapy yang mungkin terjadi adalah kulit melepuh, nyeri, dan hilangnya warna kulit (hipopigmentasi).
  4. Perawatan laser
    Bekas luka menonjol yang lebih besar bisa diratakan dengan perawatan menggunakan laser. Metode ini bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal dan memudarkannya. Terapi laser diberikan selama beberapa sesi dengan jarak 4 hingga 8 minggu antar sesi. Dokter mungkin mengombinasikan terapi laser dengan suntikan kortison. Efek samping yang bisa terjadi adalah hipopigmentasi atau hiperpigmentasi, melepuh, dan pengerasan kulit .
  5. Salep untuk bekas operasi Caesar.
    Bekas luka menonjol bisa dibantu dengan mengaplikasikan salep bekas luka secara teratur. Selain mengurangi rasa gatal, salep ini juga membantu menyamarkannya dengan membuat warnanya lebih merata.1,4 Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai salep bekas luka yang paling cocok dengan kondisi bekas lukamu.

Hubungi dokter jika melihat perubahan pada kulit yang menunjukkan pembentukan bekas luka menonjol setelah operasi Caesar. Biasanya setelah pertemuan pertama dokter akan merujukmu ke ahli kulit atau Dermatologis supaya bekas luka SC bisa dirawat dengan lebih baik dan tidak mengganggu penampilan.4

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. What to Expect. 2023. C-Section Scars: Types, Care and Healing. Available on: https://www.whattoexpect.com/pregnancy/c-section-scars. Retrieved: May 29, 2024.
  2. Baby Center. 2023. C-section scars, healing, and incision care. Available on: https://www.babycenter.com/baby/postpartum-health/c-section-scar_40010590. Retrieved: May 29, 2024.
  3. Mayo Clinic. 2023. Keloid Scar. Available on: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/keloid-scar/symptoms-causes/syc-20520901#:~:text=A%20keloid%20scar%20is%20a,it%20can%20cause%20emotional%20distress. Retrieved: May 29, 2024.
  4. Mayo Clinic. 2023. Keloid Scar. Available on: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/keloid-scar/diagnosis-treatment/drc-20520902. Retreived: May 29, 2024.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya

Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya

14 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

13 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms

Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms

13 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya