Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Apakah Keloid Bisa Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Kulit Di Area Bekas Luka

Apakah Keloid Bisa Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Min Reading

Bekas luka adalah proses alami yang terjadi sebagai bagian dari tahap penyembuhan setelah jaringan kulit mengalami luka.1 Namun, terkadang bekas luka yang muncul mengganggu penampilan terutama bila ukurannya lebih besar dibandingkan luka itu sendiri 2,3, menebal hingga nampak menonjol dan bahkan memiliki warna yang berbeda dengan kulit di sekitarnya. 2,4 Bekas luka seperti ini disebut dengan keloid. 2,3,4

Apakah keloid bisa hilang? Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut dengan menghadirkan informasi seputar keloid, termasuk cara mengatasi keloid.

Mengenal Keloid

Keloid adalah jenis bekas luka yang ditandai dengan penebalan kulit sehingga lebih menonjol daripada kulit di sekitarnya.

Gejala Munculnya Keloid

Semua orang bisa mengalami keloid. 2 Namun, ada beberapa golongan yang lebih rentan mengalaminya, yakni yang berasal dari etnis di Asia Selatan, Cina, Karibia dan Afrika, berusia 10 hingga 30 tahun, memiliki riwayat keloid sebelumnya dan merupakan wanita hamil. 3 Keloid memiliki beberapa gejala yang dapat diamati, yaitu: 2,4

Penyebab Keloid

Keloid tidak muncul begitu saja. Ada beberapa faktor yang ditengarai menjadi penyebabnya. Beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya keloid adalah sebagai berikut: 2

Pencegahan Terhadap Keloid

Tidak semua luka akan menjadi keloid. Namun, sebagai langkah pencegahan kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini: 4

  1. Rawat luka dengan baik.
    Jika kulit mengalami luka, pastikan untuk menjaga area tersebut tetap bersih dan lembab. Apabila diperlukan, kamu bisa menggunakan salep atau obat luka secara teratur bahkan setelah luka tertutup. Lakukan perawatan terhadap bekas luka selama setidaknya 6 bulan pada orang dewasa dan 18 bulan pada anak-anak.
  2. Hindari kegiatan yang menyebabkan luka. Cara terbaik mencegah bekas luka termasuk keloid adalah mencegah terjadinya luka pada kulit itu sendiri. Selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan hindari melakukan tato, menindik atau operasi yang tidak perlu. Jika memang perlu menjalani operasi, konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan munculnya keloid dan perawatannya.

Cara Menghilangkan Keloid Bekas Luka

Keloid mungkin tidak bisa hilang dalam waktu cepat. Namun ada beberapa cara untuk membuatnya lebih baik dan tidak tumbuh semakin besar. Beberapa cara mengatasi keloid yang bisa kamu coba adalah:

Jadi, pertanyaan apakah keloid bisa hilang sendiri sudah terjawab. Perawatan untuk mengatasi keloid perlu waktu dan kesabaran. Konsultasikan dengan dokter mengenai treatment terbaik yang paling sesuai dengan kondisi keloidmu.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Cleveland Clinic. Scars [Internet]. 2021. (cited October 2023). Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11030-scars.
  2. Healthline. Everything You Need to Know About Keloid Scars [Internet]. 2023. (cited October 2023). Available from: https://www.healthline.com/health/keloids#_noHeaderPrefixedContent.
  3. NHS. Keloid scars [Internet]. 2023. (cited October 2023). Available from: https://www.nhs.uk/conditions/keloid-scars/.
  4. Mayo Clinic. Keloid Scars [Internet]. (cited October 2023). Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/keloid-scar/symptoms-causes/syc-20520901#:~:text=A%20keloid%20scar%20is%20a,it%20can%20cause%20emotional%20distress.
  5. Bajjani, et al. (2023). Onion-extract-based, Clinic Research in Trials. OAT. Diakses dari https://www.oatext.com/pdf/CRT-9-375.pdf.
  6. Joanne Lewsley. (2022). What is dimethicone and what are its benefits? Medical News Today. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/dimethicone.

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya