Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Kapan Luka Operasi Caesar Sembuh Total? Cek di Sini  Biar Kembali PD
Kulit Di Area Bekas Luka

Kapan Luka Operasi Caesar Sembuh Total? Cek di Sini Biar Kembali PD

5 Min Reading

Operasi caesar adalah prosedur yang dilakukan untuk melahirkan bayi melalui perut dengan cara membuat sayatan pada perut dan rahim ibu. Metode ini dipilih apabila ada indikasi medis di mana persalinan normal akan berisiko baik bagi ibu maupun bayi. Selain itu, metode ini juga bisa dipilih jika ada keinginan dari ibu dan sudah berdiskusi dengan dokter(1,2). Namun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa prosedur ini akan menimbulkan luka operasi. Luka bekas operasi caesar biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dibandingkan dengan persalinan normal2.

Perlu diketahui bahwa kedalaman luka, jahitan dan kondisi sang ibu menjadi penentu kapan luka operasi caesar sembuh total(3). Namun demikian, pada umumnya luka pasca operasi akan pulih dan menutup sempurna setelah 6 - 8 minggu(2,3). Hanya saja dalam waktu ini bekas luka masih akan terlihat. Kabar baiknya adalah seiring berjalannya waktu bekas luka caesar bisa memudar dengan perawatan yang tepat, sehingga kamu bisa kembali percaya diri setelah melahirkan.

Kapan Luka Operasi Caesar Sembuh Total?

Bicara mengenai luka pasca operasi caesar, pertanyaan yang sering muncul adalah kapan luka operasi akan sembuh total tanpa menyebabkan rasa nyeri ketika berkegiatan. Secara umum, luka karena operasi caesar akan menutup sempurna dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari setelah 6 hingga 8 minggu pasca persalinan(1,2,3). Dalam rentang waktu tersebut, ada tiga fase penyembuhan yang akan dilewati, yaitu:

  1. Fase Inflamasi (Peradangan)(1)
    Ini adalah fase pertama penyembuhan luka pasca operasi caesar. Fase inflamasi terjadi beberapa hari pasca operasi dimana perdarahan telah berhenti dan sel darah putih berkumpul di area luka untuk mencegah terjadinya infeksi. Selama fase tersebut, jangan terkejut bila area sekitar luka mengalami pembengkakan ringan yang ditandai dengan warna merah muda atau kemerahan.
  2. Fase Proliferasi(1)
    Fase kedua disebut sebagai proliferasi, yaitu ketika kolagen akan berkumpul di sekitar area luka operasi. Fungsinya adalah untuk meregenerasi sel kulit. Selain itu, pembuluh darah yang baru juga terbentuk di fase ini. Kulit yang mengalami luka operasi akan menebal dan warnanya berubah, tidak seperti ketika berada di fase inflamasi sebelumnya. Fase proliferasi terjadi sekitar 3 hingga 4 minggu pasca operasi.
  3. Fase Remodeling(1)
    Remodeling adalah fase yang paling panjang dalam recovery luka pasca operasi caesar. Dalam tahap ini, jaringan kulit yang menebal dari fase sebelumnya akan perlahan mengempis dan warna kulit juga akan berubah lebih alami walaupun sulit untuk kembali seperti sedia kala. Fase remodeling umumnya memakan waktu hingga 1 tahun atau lebih. Namun, ini bukan masalah karena ketika memasuki fase ini, luka operasi caesar sudah menutup sempurna sehingga aman untuk beraktivitas.

Tanda - Tanda Luka Operasi Caesar yang Akan Sembuh(1,2,3)

Walaupun butuh waktu tahunan hingga bekas luka memudar dan bahkan tidak nampak lagi, namun penyembuhan luka operasi caesar sendiri tidak selama itu, kok. kamu bisa mengetahui bahwa luka pasca operasi tersebut akan sembuh ketika merasakan atau melihat beberapa tanda berikut ini:

  1. Nyeri semakin berkurang. Hal ini dikarenakan sel kulit yang mengalami kerusakan akibat sayatan ketika operasi sudah semakin pulih. Pembuluh darah juga sudah terbentuk kembali sehingga rasa nyeri sebagai respon tubuh ketika terluka akan semakin berkurang.
  2. Luka tampak kering. Luka sayatan sepanjang 10 – 20 cm akibat operasi caesar nampak mengering sebagai tanda luka segera sembuh. Mengeringnya luka ini bisa terjadi berkat peran dari sel darah putih yang menghalau kuman bakteri penyebab infeksi dan juga kolagen yang membantu regenerasi sel-sel baru menggantikan jaringan yang rusak.
  3. Warna luka semakin samar. Setelah luka mengering, warna luka yang semula merah muda atau merah cerah akan semakin samar. Walaupun memang tidak bisa kembali seperti sebelum operasi, namun perubahan warna ini membuat lega sebab itu tandanya luka pulih dengan baik dan tidak mengalami infeksi.
  4. Rasa gatal. Terakhir, luka yang hampir sembuh akan menimbulkan sensasi gatal. Hal ini dikarenakan saraf yang ada pada kulit kembali terhubung seiring dengan kembalinya pembuluh darah.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Penyembuhan Luka Caesar(2,3,4)

Sebagai perawatan pasca operasi caesar dan juga bagian dari penyembuhan luka bekas operasi caesar, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Harapannya, proses penyembuhan luka ini berjalan lebih cepat, bebas infeksi dan kamu bisa segera beraktivitas kembali dengan penuh percaya diri.

Perawatan Bekas Luka Operasi Caesar

Setelah luka operasi caesar menutup sempurna, segera lakukan perawatan lanjutan untuk memudarkan bekas luka operasi caesar. Disarankan menggunakan produk yang mengandung cepalin botanical extract, tripeptol (nourishing complex dari peptida, kolagen dan antioksidan), serta dimethicone.(5) Dimethicone yang merupakan jenis silikon dengan ukuran molekul yang besar, akan bekerja tanpa merusak sawar kulit.(6) Hal ini tentunya akan membantu untuk memperbaiki, melembabkan dan menghaluskan bekas luka operasi caesar agar cepat pudar.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Maggie Overfelt. How to Care for Your C-Section Scar. The Bump. Diakses dari https://www.thebump.com/a/c-section-scar.
  2. NHS Team. Recovery. NHS. Diakses dari https://www.nhs.uk/conditions/caesarean-section/recovery/.
  3. Stephanie Watson. 6 Tips for a C-Section Recovery. Healthline. Diakses dari https://www.healthline.com/health/pregnancy/c-section-tips-for-fast-recovery#nutrition
  4. Colleen De Bellefonds. C-Section Scars: Types, Care and Healing. What to Expect. Diakses dari https://www.whattoexpect.com/pregnancy/c-section-scars.
  5. Bajjani, et al. (2023). Onion-extract-based, Clinic Research in Trials. OAT. Diakses dari https://www.oatext.com/pdf/CRT-9-375.pdf.
  6. Joanne Lewsley. (2022). What is dimethicone and what are its benefits? Medical News Today. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/dimethicone.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya