Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms
Kulit Di Area Bekas Luka

Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms

5 Min Reading

Operasi Caesar atau C-Section merupakan prosedur yang umum dilakukan untuk persalinan. Bahkan, di negara maju seperti Amerika Serikat, sebanyak 31,9% dari semua persalinan menggunakan metode Caesar. Walaupun terbilang sering dipraktekkan namun operasi ini tidak boleh diremehkan, termasuk dalam hal perawatan setelah operasi Caesar.

Semakin baik perawatan setelah operasi Caesar, semakin cepat pula penyembuhannya.1 Jika ini adalah kali pertama menjalani operasi C-Section, mungkin kamu bertanya-tanya berapa lama pemulihan pasca operasi Caesar dan bagaimana perawatan luka setelah operasi Caesar. Berikut ini adalah informasi seputar perawatan pasca operasi Caesar yang perlu diketahui. Semoga membantu menjawab pertanyaanmu, ya.

Berapa Lama Pemulihan Pasca Operasi Caesar?

Banyak sumber menyebutkan bahwa pemulihan sepenuhnya dari operasi Caesar membutuhkan waktu 4 hingga 6 minggu. Namun, perlu diingat kondisi fisik setiap orang berbeda dan banyak penelitian menunjukkan waktu pemulihan yang dibutuhkan jauh lebih lama.

Beberapa studi bahkan menemukan bahwa 60% wanita mengalami nyeri pada luka operasi hingga 24 minggu setelah persalinan.1 Namun, bukan berarti kamu tidak bisa sembuh atau pulih dengan lebih cepat, Moms. Dokter yang profesional dan terpercaya, lingkungan yang mendukung, dan banyak mengumpulkan informasi tepat seputar perawatan pasca operasi Caesar1 dapat membantu memahami proses pemulihan.

Pemulihan Setelah Operasi Caesar

Tahap pemulihan setelah operasi Caesar dibagi menjadi beberapa bagian, seperti yang dijelaskan di bawah ini.1

  1. Segera Setelah Persalinan
    besar wanita yang menjalani operasi Caesar menerima blok epidural atau spinal. Jenis anestesi ini membuat tubuh menjadi mati rasa namun tetap dalam kondisi sadar. Butuh beberapa jam untuk pulih dari anestesi ini setelah persalinan dengan operasi. Dalam kurun waktu ini kamu akan membutuhkan bantuan baik untuk bergerak maupun ke kamar mandi.
  2. 24 Jam Pertama
    Salah satu risiko terbesar dari operasi Caesar adalah terbentuknya gumpalan darah di kaki. Risiko ini lebih mungkin terjadi pada pasien yang sudah overweight dan tidak banyak bergerak pada kesehariannya (sedentary lifestyle). Itulah alasannya, jika mampu berjalan, sangat penting bagi pasien C-section untuk bangun dan bergerak.

    Dokter dan tenaga medis yang membantumu melakukan Caesar akan melakukan pengamatan ketat pada luka operasi. Pasalnya, ada kemungkinan luka mengalami infeksi. Selain itu, paramedis juga akan melihat gejala perdarahan vagina yang umumnya terjadi 4 hingga 6 minggu setelah persalinan. Biasanya, perdarahan paling parah terjadi di hari-hari pertama.
  3. Minggu-minggu Awal Pascaoperasi
    Setelah operasi Caesar, kamu umumnya baru bisa berkegiatan secara normal setelah 6 hingga 8 minggu. Luka operasi mungkin akan terasa nyeri selama 1 atau 2 minggu. Otot di sekitar luka juga terasa lemah. Dokter akan meresepkan obat anti nyeri untuk 2 minggu pertama. Lalu, kamu pun bisa berkonsultasi dengan dokter bagaimana menyusui yang aman saat konsumsi obat anti nyeri.

    Rasa nyeri ini akan membaik secara bertahap saat sayatan sembuh dan rahim berkontraksi. Dalam sebagian besar kasus, dokter menggunakan jahitan dissolvable atau dapat menyatu dengan kulit. Bekas jahitan ini akan hilang dengan sendirinya sehingga dokter tidak perlu mengambil jahitannya kembali.

Perawatan Pasca Operasi Caesar

Kecepatan penyembuhan luka C-section seringkali dipengaruhi sejumlah faktor yang tidak dapat dikontrol. Lalu, apa yang harus dilakukan setalah operasi Caesar yang bisa dilakukan agar luka jahitan bisa segera sembuh.2

Menghindari Bekas Luka Pasca Caesar

Bekas luka Caesar seiring waktu akan memudar dengan sendirinya. Tetapi beberapa orang secara genetis cenderung membentuk bekas luka keloid atau hipertrofik. Kabar baiknya, ada beberapa teknik dan perawatan yang mungkin membantu meminimalkan bekas luka:2

Pemulihan pasca melahirkan secara Caesar membutuhkan waktu, sama seperti persalinan pervaginam (persalinan normal). Setelah luka pulih, konsultasikan dengan dokter mengenai perawatan luka yang tepat untuk dilakukan sembari terus menguatkan fisik dengan istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Medical News Today. 2023. How to speed up recovery from a cesarean delivery. Available on https://www.medicalnewstoday.com/articles/323229. Retrieved: May 29, 2024.
  2. What to Expect. 2023. C-Section Scars: Types, Care and Healing. Available on https://www.whattoexpect.com/pregnancy/c-section-scars. Retrieved: May 29, 2024.
  3. Healthline. 2020. C-Section Scars: What to Expect During and After Healing. Available on https://www.healthline.com/health/pregnancy/c-section-scar. Retrieved: May 29, 2024.
  4. Bajjani, et al. (2023). Onion-extract-based, Clinic Research in Trials. OAT. Diakses dari https://www.oatext.com/pdf/CRT-9-375.pdf.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya

Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya

14 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

13 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms

Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms

13 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya