Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya
Kulit Di Area Bekas Luka

Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya

5 Min Reading

Hampir semua orang memiliki bekas luka, baik dari kecelakaan, prosedur operasi, jerawat, atau penyakit seperti cacar air.1 Bekas luka terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan setelah kulit terluka atau rusak.1,2 Kulit memperbaiki dirinya sendiri dengan menumbuhkan jaringan baru untuk menyatukan luka dan mengisi celah yang disebabkan oleh cedera.

Jaringan bekas luka terutama terbuat dari dua substansi yaitu kolagen dan melanin. Kolagen sendiri secara alami banyak ditemukan di tulang rawan, tendon dan kulit. Sedangkan melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut, kulit dan mata seseorang. Jumlah kolagen dan melanin yang mengisi celah luka tadi bisa berbeda-beda sehingga menyebabkan terbentuknya bekas luka, dan menentukan apakah bekas luka tersebut tampak menonjol, berbeda warna, atau memiliki tekstur beragam.2

Ketika pertama kali muncul pada kulit yang cerah, biasanya bekas luka berwarna merah muda atau merah. Seiring berjalannya waktu, warna merah muda tersebut memudar dan menjadi sedikit lebih gelap atau lebih terang dari warna kulit. Terkadang bekas luka juga terasa gatal dan bahkan terasa nyeri.1

Kenapa Bekas Luka Tampak Berbeda-Beda?

Penampilan bekas luka dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk1

Kenapa Bekas Luka Menghitam?

Kendati merupakan sebuah proses alami,1,2 bekas luka yang menghitam mengganggu penampilan apalagi jika lokasinya tidak tertutupi oleh pakaian yang biasa digunakan. Pertanyaannya, kenapa bekas luka menghitam padahal di awal warnanya hanya kemerahan atau merah muda? Ada beberapa hal penyebab bekas luka menghitam.

Cara Memudarkan Luka yang Menghitam

Dari informasi di atas, bisa dilihat bahwa penyebab utama bekas luka menghitam adalah terjadinya hiperpigmentasi akibat terlalu banyak melanin berkumpul di area yang terluka. Kabar baiknya adalah hiperpigmentasi bisa diatasi. Ada banyak perawatan kosmetik untuk masalah kulit superfisial yang dirancang khusus mengatasi bekas luka menghitam, bintik-bintik gelap, melasma, dan hiperpigmentasi.

  1. Obat Topikal/Obat Oles
    kulit sering menggunakan obat topikal/oles untuk membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Di antara obat topikal, hidrokuinon adalah salah satu krim yang paling handal digunakan untuk mengurangi visibilitas bekas luka gelap dan menghasilkan warna kulit yang merata.

    Namun, banyak dari obat topikal hanya bisa digunakan selama beberapa bulan saja karena proses terbentuknya scar masih berlangsung dan hidrokuinon tidak boleh digunakan jangka panjang. Sehingga, hidrokuinon bukan pilihan tepat untuk scar yang masih terus berlangsung.1,3 Konsultasikan pada dokter mengenai krim bekas luka terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit.
  2. Perawatan Laser
    Perawatan laser, terutama IPL, merupakan pilihan perawatan luka yang baik jika ingin menghilangkan bekas luka menghitam secara permanen dan cepat. Perawatan laser mempercepat siklus pergantian sel kulit alami untuk memperbarui dan memperbaiki permukaan kulit. Keuntungan lain dari perawatan laser adalah mengobati masalah kulit yang sedang berlangsung seperti rosacea dan jerawat, yang dapat membantu mencegah terbentuknya bekas luka gelap.1,3
  3. Mikrodermabrasi
    Mikrodermabrasi adalah perawatan eksfoliasi lanjutan yang dapat mengikis lapisan atas sel kulit mati yang membuat kulit tampak gelap. Sebagai perawatan yang mempercepat siklus pergantian sel kulit alami, mikrodermabrasi membantu mengurangi penampilan bekas luka gelap seiring waktu dan juga membantu kulit di sekitarnya memiliki warna yang lebih merata.1,3
  4. Dermaplaning
    Dermaplaning adalah perawatan eksfoliasi lain yang mengikis sel kulit mati, serta bulu halus yang mungkin menyumbat pori-pori di permukaan kulitmu. Manfaat utama dari dermaplaning adalah tingkat kecerahan yang dapat dicapai untuk kulitmu. Seiring waktu, dermaplaning akan menghilangkan cukup banyak sel kulit mati untuk meminimalkan penampilan hiperpigmentasi3 yang dalam hal ini termasuk bekas luka menggelap akibat terlalu banyak melanin.
  5. Chemical Peels
    Chemical peels adalah salah satu perawatan kecantikan tertua di dunia yang dapat mencerahkan penampilan bekas luka menghitam dan membantu menghilangkan bekas luka. Chemical peels menggunakan asam kuat untuk menghilangkan lapisan atas sel kulit mati dan menembus lapisan sub-dermal kulit untuk merangsang respons regeneratif alami tubuh.3

Apakah Bekas Luka Menghitam Bisa Dicegah?

Meskipun hiperpigmentasi sulit dihindari karena tergantung dari jenis cedera yang menyebabkan bekas luka, namun tingkat keparahannya bisa diminimalkan dengan melakukan beberapa cara di bawah ini.

Sebagian besar bekas luka memudar seiring waktu dan tidak menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.1 Namun, jika bekas luka menghitam pastikan untuk merawatnya dengan baik supaya walaupun tidak hilang sepenuhnya, kulit yang menghitam tersebut bisa menjadi lebih baik.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Cleveland Clinic. 2021. Scars. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11030-scars. Retrieved: May 29, 2024.
  2. Dermatology Clinic. 2020. The Basics of Scar Formation and Discoloration. Available from: https://thedermatologyclinic.com/the-basics-of-scar-formation-and-discoloration/. Retrieved: May 29, 2024.
  3. Vibrant Dermatology. What Causes Scars to Turn Dark? Available from: https://vibrantdermatology.com/what-causes-scars-to-turn-dark/#:~:text=There%20are%20a%20few%20reasons,and%20how%20your%20skin%20heals. Retrieved: May 29, 2024

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya

Kenapa Bekas Luka Menghitam? Ini Cara Memudarkannya

14 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

Fakta dan Cara Memudarkan Luka Bekas Operasi Caesar Menonjol

13 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms

Perawatan Setelah Operasi Caesar untuk Kulit Moms

13 / 07 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya