Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Tips Efektif Menghilangkan Bekas Luka Pada Anak
Kulit Di Area Bekas Luka

Tips Efektif Menghilangkan Bekas Luka Pada Anak

5 Min Reading

Anak-anak lebih rentan mengalami luka dibandingkan dengan orang dewasa. Pasalnya, mereka sedang dalam fase mengeksplorasi dunianya dan seringkali tidak tahu kapan dan di mana harus berhenti. Akibatnya, anak-anak jadi sering terjatuh atau mengalami cedera lainnya yang berujung pada luka. 1 Sebenarnya, jika dirawat dengan baik luka akan lekas menutup dan sembuh. Namun, biasanya orang tua khawatir apakah luka tersebut akan meninggalkan bekas. 2

Waktu Pemulihan Bekas Luka

Penting untuk diketahui bahwa ketika jaringan kulit mengalami kerusakan akibat luka bakar, trauma jatuh, dan cedera sebelum pembedahan, maka bekas luka akan terbentuk. Hal ini adalah normal karena merupakan bagian dari penyembuhan kulit. 3,4,5 Pada umumnya, diperlukan waktu setidaknya 6 hingga 8 minggu agar bekas luka berubah dari permukaan yang tebal, merah, dan menonjol menjadi lebih tipis dan rata. 3,7

Cara Menghilangkan Bekas Luka Pada Anak

Supaya proses pemulihan ini lebih cepat, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan untuk mengatasi bekas luka pada anak.

  1. Tunggu Hingga Luka Sembuh dan Bengkak Berkurang

    Jika ingin memudarkan bekas luka, hal yang bisa Ibu lakukan dan perhatikan adalah sebagai berikut.

    • Menunggu hingga luka benar-benar sembuh dan bengkaknya berkurang. 1 Jaringan kulit perlu waktu antara 2 hingga 3 minggu untuk menutup 3 seiring dengan produksi kolagen yang melimpah untuk menyatukan jaringan yang koyak. Seiring dengan kerja kolagen untuk menyatukan jaringan yang terluka biasanya akan muncul kerak kecoklatan yang disebut dengan scab. 4
    • Tidak perlu mengelupas paksa lapisan scab karena scab akan mengeras seiring berjalannya waktu. Hal ini berfungsi untuk melindungi bagian kulit yang sedang dalam masa pemulihan. Karena jika sudah kering sempurna dia akan lepas dengan sendirinya seiring dengan jaringan kulit baru yang sudah terbentuk. 4 Jaringan kulit baru inilah yang berwarna merah muda dan sering meninggalkan bekas luka. 1
    • Jika sudah tidak ada bengkak ataupun nyeri , Ibu bisa melakukan perawatan untuk membantu bekas luka pada anak memudar.
  2. Jaga Area Luka Tetap Bersih

    Walaupun luka sudah sembuh dan jaringan kulit yang baru telah terbentuk bukan berarti kebersihan di area bekas luka boleh diabaikan. Jika ingin bekas luka lekas memudar dan tidak meninggalkan jejak, Ibu perlu membantu anak menjaga area bekas luka tetap bersih dan lembab. 1

  3. Krim Penghilang Bekas Luka Anak dan Bayi
  4. Sekarang anak sudah siap menerima perawatan bekas luka. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi bekas luka pada anak, termasuk operasi pengangkatan bekas luka untuk luka yang dalam, injeksi hingga laser. 2,7 Namun, mempertimbangkan anak-anak tidak punya banyak kesabaran untuk melakukan berbagai perawatan tersebut di klinik atau rumah sakit, maka perawatan di rumah akan menjadi opsi yang lebih nyaman untuk buah hati seperti di bawah ini.

    • Terapi topikal krim penghilang bekas luka anak. Tujuan utama dari pemberian krim bekas luka sebenarnya bukan untuk menghilangkan luka itu sendiri tapi lebih pada mengembalikan dan menjaga kelembaban alami kulit. 1 Ketika kulit yang mengalami luka memiliki kelembaban yang dibutuhkan, sel kulit menjadi lebih lembut dan tidak kaku. 2 Dengan tekstur yang lunak seperti ini, akan lebih mudah untuk melakukan terapi pijatan yang membantu mempercepat bekas luka memudar.
    • Pemilihan produk krim penghilang bekas luka anak perlu diperhatikan. Mengingat akan digunakan pada kulit anak yang lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Misalnya, Ibu bisa memilih produk yang menggunakan bahan alami termasuk Cepalin1 atau ekstrak bawang, yang dikenal luas mampu mengembalikan dan mempertahankan kelembaban alami kulit, serta membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk regenerasi sel kulit yang rusak. 8
  5. Berikan Pijatan Pada Bekas Luka

    Setelah bekas luka dioles dengan salep, teksturnya akan lebih lembut 3 yang memudahkan Ibu melakukan terapi lainnya yakni terapi tekanan atau pijatan. Jika bekas luka nampak menonjol atau lebih tinggi dari permukaan kulit lainnya, cobalah menekannya dengan stoking atau elastic bandage. 2 Tujuannya adalah supaya tonjolan pada kulit bisa lebih rata. Terapi ini harus dilakukan secara rutin setidaknya selama 8 pekan untuk menunjukkan hasil yang signifikan. 7 Namun, biasanya bekas luka akan benar-benar memudar dalam waktu 1 tahun. 3

  6. Lindungi dari Sinar Matahari Langsung

    Perlu diketahui bahwa jaringan kulit baru yang berwarna merah muda sangat sensitif terhadap sinar matahari. Jika sering terpapar sinar matahari, kelembabannya mudah hilang yang membuat bekas luka jadi kaku, kering, bahkan kadang terasa perih. Aplikasikan krim tabir surya atau anti UV pada bekas luka anak ketika Ia hendak berkegiatan di luar ruangan. 3,4

Bekas luka pada anak tidak bisa langsung memudar dalam waktu cepat. Namun, dengan penanganan yang tepat setidaknya proses recovery bisa lebih singkat. Jika terjadi komplikasi atau keluhan terkait bekas luka pada anak, Ibu bisa segera untuk menghubungi dokter.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Mederma. How to care for scars on children [Internet]. 2022. (cited Desember 2023). Available from: https://www.mederma.co.uk/article/how-to-care-for-scars-on-children/.
  2. Mom Junction. 8 Ways To Treat Scars In Children And Tips For Prevention [Internet]. 2023. (cited Desember 2023). Available from: https://www.momjunction.com/articles/simple-ways-to-treat-scarsing-in-children_0079335/.
  3. Nationwide Childrens. Scar Management [Internet]. 2012. (cited Desember 2023). Available from: https://www.nationwidechildrens.org/family-resources-education/health-wellness-and-safety-resources/helping-hands/scar-management.
  4. Kids Health. Scars [Internet]. 2022. (cited Desember 2023). Available from: https://kidshealth.org/en/kids/scars.html.
  5. Cincinnati Childrens. Wounds and Scars [Internet]. 2022. (cited Desember 2023). Available from: https://www.cincinnatichildrens.org/health/w/wounds-scars#:~:text=Improving%20the%20Appearance%20of%20the%20Scar&text=Using%20a%20thick%20moisturizer%20(cocoa,is%20gone%20from%20the%20wound.
  6. Healthline. 8 Best Scar Creams for 2023 [Internet]. 2023. (cited December 2023). Available from: https://www.healthline.com/health/best-scar-cream#_noHeaderPrefixedContent.
  7. WebMD. Cosmetic Procedures: Scars [Internet]. 2021. (cited December 2023). Available from: https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-scars.
  8. NBC News. The best scar treatments, according to dermatologists [Internet]. 2023. (cited December 2023). Available from: https://www.nbcnews.com/select/shopping/scar-treatments-rcna124032.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya