Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Mengenal Apa Itu Allantoin, Perawatan Bekas Luka  yang Aman dan Efektif
Kulit Di Area Bekas Luka

Mengenal Apa Itu Allantoin, Perawatan Bekas Luka yang Aman dan Efektif

5 Min Reading

Bekas luka pada kulit seringkali tidak hanya meninggalkan tanda fisik, tetapi juga dampak emosional. Tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, bekas luka juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Solusi perawatan kulit untuk menghilangkan bekas luka pun semakin bervariasi, mulai dari treatment di klinik hingga penggunaan produk perawatan secara mandiri. Jika memilih opsi kedua, kamu bisa memilih produk dengan kandungan Allantoin di dalamnya. Dalam artikel ini, kita akan membongkar seluk-beluk apa itu Allantoin yang menjadi andalan dalam perawatan bekas luka yang aman dan efektif. Simak baik-baik, ya.

Apa Itu Allantoin?

Pada berbagai produk perawatan kulit mulai dari pelembab, krim hingga gel. Kamu mungkin sering membaca nama Allantoin pada bagian kemasannya. Bukan karena kebetulan, Allantoin memang sering digunakan di berbagai produk skincare dan perawatan kulit lainnya karena memiliki banyak efek yang bagus bagi kesehatan dan kecantikan kulit (1,2).

Allantoin adalah senyawa kimia alami yang memiliki bentuk serbuk berwarna putih dan tidak berbau. Senyawa ini banyak ditemukan terutama pada tumbuhan seperti comfrey, chestnut, dan bearberry. Allantoin sering ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit karena memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari iritasi ringan termasuk ruam, luka bekas operasi, bekas jerawat dan bekas luka lainnya (1).

Selain itu, Allantoin juga berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit karena bersifat humektan, yaitu mampu menarik air di dalam sel kulit dan menahannya agar tidak menguap. Dengan demikian, kulit akan terhidrasi dan terhindar dari kekeringan yang memicu pengelupasan serta rasa gatal. Dengan efek melembabkannya, Allantoin secara tidak langsung membuat kulit terasa lebih halus dan lembut. Itulah sebabnya, senyawa ini disukai terutama untuk menjaga kecantikan kulit (2).

Manfaat Allantoin untuk Kulit dalam Perawatan Bekas Luka (1,2)

Pada dasarnya, Allantoin memang lebih sering digunakan pada produk kecantikan. Namun, ternyata senyawa ini juga ampuh untuk merawat bekas luka ringan. Allantoin mampu membantu membantu menyembuhkan bekas luka sehingga lebih cepat pulih dan memudar secara bertahap, dengan cara:

  1. Membantu regenerasi kulit. Allantoin untuk kulit memiliki kemampuan untuk membantu merangsang pembentukan kolagen yang dibutuhkan untuk regenerasi kulit. Dengan penggunaan secara teratur, kolagen yang dihasilkan akan semakin banyak sehingga pergantian sel kulit berlangsung lebih baik dan cepat.
  2. Melembabkan kulit. Seperti yang disebutkan di atas, Allantoin bersifat humektan yang artinya mampu menarik air di bawah kulit dan menahannya di sana. Dengan begini, kulit akan menjadi lebih lembab secara alami dan terhindar dari berbagai tanda dehidrasi seperti kering, gatal, dan bersisik.
  3. Menenangkan kulit. Allantoin juga mengandung anti peradangan sehingga mampu menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi seperti kemerahan, gatal dan mengelupas. Dengan begini, iritasi kulit yang terjadi tidak semakin parah dan menyakitkan.
  4. Melembutkan kulit dengan eksfoliasi ringan. Menarik untuk disimak bahwa Allantoin yang membantu melembabkan kulit untuk menghindari dehidrasi, ternyata di waktu yang sama juga membantu melembutkan kulit dengan eksfoliasi ringan. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati yang kemudian digantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat.
  5. Mengurangi iritasi kulit akibat bekas luka. Iritasi kulit bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah bekas luka. Allantoin yang mengandung zat anti peradangan mampu membantu meredakan iritasi kulit, termasuk yang dipicu oleh bekas luka.
  6. Memudarkan bekas luka. Regenerasi kulit sangat berkaitan dengan produksi kolagen. Pembentukan kolagen ini dapat dirangsang dengan menggunakan Allantoin. Itulah alasannya, Allantoin juga sering disebut mampu memudarkan bekas luka.
  7. Membantu penyembuhan luka. Biasanya luka pada kulit diikuti dengan reaksi iritasi dan peradangan, termasuk kulit yang memerah hingga bengkak ringan. Berkat kandungan anti peradangan dan sifat humektan yang dimilikinya, manfaat Allantoin bagi kulit mampu membantu penyembuhan luka dengan meredakan iritasi yang terjadi dan menjaga kelembaban kulit. Dengan begini, luka jadi lebih cepat sembuh.
  8. Menyamarkan bekas jerawat. Terakhir, manfaat Allantoin untuk kulit membantu menyamarkan bekas jerawat dengan cara merangsang regenerasi sel kulit. Kemampuannya untuk melembutkan kulit dengan eksfoliasi ringan juga menjadi nilai plus dalam perawatan bekas jerawat sehingga bisa pudar lebih cepat.

Jadi, kamu sudah tahu kan apa itu Allantoin dan berbagai manfaatnya? Terutama dalam mengatasi masalah bekas luka dan jerawat secara bertahap. Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa hasil yang diperoleh mungkin berbeda-beda tergantung pada kondisi dan tipe kulit masing-masing individu. Pola makan dan gaya hidup juga sangat mempengaruhi kecepatan penyembuhan luka. Ingat, perawatan kulit memerlukan kesabaran serta konsistensi.

Kabar baiknya adalah sekarang Allantoin juga tersedia dalam bentuk gel yang praktis digunakan sehingga lebih mudah diaplikasikan pada kulit dan bekas luka. Gunakan gel pemudar bekas luka yang mengandung Allantoin dengan teratur sesuai aturan untuk membantu memperbaiki, melembabkan dan menghaluskan bekas luka agar cepat pudar.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Bett Ahn Mayer. Allantoin for Skin: A Must-Have Ingredient for Your Skin Care Routine? Healthline. Diakses dari https://www.healthline.com/health/allantoin-for-skin#benefits.
  2. Lauren Martin. What Does Allantoin Do in Skincare? Medical News Today. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/allantoin#what-is-it.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya