Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Cara Menghilangkan Bekas Operasi Yang Bisa Dilakukan
Kulit Di Area Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Operasi Yang Bisa Dilakukan

4 Min Reading

Setelah menjalani tindakan operasi, bekas sayatan seringkali meninggalkan bekas luka yang tampak pada kulit kita. Beberapa bekas luka operasi mungkin terlihat samar, namun ada juga yang cukup mencolok seperti keloid. Tidak dapat dipungkiri bahwa bekas luka yang mengganggu ini dapat menurunkan rasa percaya diri kita. Namun, jangan khawatir. Ada berbagai cara yang dapat membantu untuk memudarkan bekas operasi pada kulit. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik terbaik sebagai cara menghilangkan bekas operasi yang bisa langsung diterapkan.

Cara Memudarkan Bekas Operasi

Perawatan karena sayatan bedah tidak benar-benar berakhir pada saat jahitan dilepas, namun juga setelahnya. Berikut ini adalah tips yang bisa dicoba sebagai cara menghilangkan bekas jahitan operasi atau memudarkannya:

  1. Kurangi “Stress” Pada Luka Bekas Jahitan
    Cara menghilangkan bekas luka operasi atau memudarkannya yang pertama adalah dengan mengurangi stres di area tersebut. Contohnya, jangan menyentuh dan menarik area bekas luka secara berlebihan, karena hal ini dapat membuat bekas luka melebar dan meregang. Juga, hindari aktivitas berlebihan dan ikuti perawatan medis sesuai dengan petunjuk yang diberikan.(1)
  2. Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari
    Cara menghilangkan bekas luka operasi atau memudarkannya yang kedua adalah dengan menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung pada area luka bekas operasi dan selalu gunakan tabir surya. Hal ini dikarenakan area bekas luka belum pulih yang terpapar sinar matahari secara langsung dapat memperlambat penyembuhan.(1)
  3. Asupan Nutrisi Tinggi Protein
    Mengonsumsi makanan kaya protein, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, atau tahu, dapat membantu memperbaiki dan mempercepat penyembuhan luka yang sehat. Jika kamu memiliki proses penyembuhan luka yang lambat, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya protein tersebut setiap hari selama beberapa minggu sebelum dan setelah menjalani operasi pada kulit.(2)
  4. Penggunaan Krim Pemudar Bekas Luka Operasi
    Cara lain yang bisa dicoba untuk memudarkan bekas jahitan luka operasi yang tak kalah penting adalah dengan memberikan perawatan dari luar.(1) Oleskan krim pemudar bekas luka yang mengandung Cepalin.(3) Lebih baik lagi jika krim tersebut juga memiliki manfaat untuk memperbaiki tekstur kulit seperti Tripeptol dan menjaga kelembaban alami kulit seperti Dimethicone.
  5. Hindari Rokok Saat Penyembuhan Bekas Luka
    Merokok dapat membuat proses pemulihan bekas jahitan luka operasi menjadi lebih lama. Merokok dapat mempengaruhi cara tubuh merespons peradangan, yang menyebabkan lebih banyak komplikasi pada luka dan mengurangi aktivitas pembentukan bekas luka. Sehingga, sangat disarankan untuk tidak merokok pada saat perawatan luka bekas operasi.(4)
  6. Jangan Konsumsi Alkohol dan Minum Banyak Air
    Pastikan tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik agar tetap sehat sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Hindari konsumsi alkohol dan kafein karena keduanya dapat membuat tubuh dehidrasi, termasuk kulit kita. Apabila kamu sedang dalam masa pemulihan, lebih baik fokus pada minuman yang tidak mengandung alkohol dan kafein.(5)

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Susan Dieter, MS, RN, CWS. How To Diminish Post Surgical Scars. Sanara MedTech. https://sanaramedtech.com/blog/how-to-diminish-post-surgical-scars/.;
  2. Helena Rosengren. How to Reduce the Appearance of Surgical Scars. Skin Cancer College. https://www.skinrepair.net.au/how-to-reduce-the-appearance-of-surgical-scars/.
  3. Julian Poetschke and Gerd G. Gauglitz. Chapter 24, Textbook on Scar Management: State of the Art Management and Emerging Technologies. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK586084/.
  4. Smoking and its Effect on Scar Healing. National Library of Medicine https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3353110/.
  5. Jennifer Whitlock, RN, MSN, FN. How to Prevent or Minimize Surgery Scars. Verywell Health https://www.verywellhealth.com/preventing-or-minimizing-scars-after-surgery-3156926.

Mederma® PM Intensive Overnight Cream

Mederma® PM Intensive Overnight Cream

Beli di Sini

Summary

Demikian beberapa cara menghilangkan bekas luka operasi atau memudarkannya yang bisa diterapkan sendiri di rumah. Kemunculan bekas luka setelah operasi memang sulit untuk diprediksi,(3) namun kamu tetap dapat mempercepat proses penyembuhannya. Tetap minum banyak air putih, serta memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi juga membantu mengurangi penampilan luka bekas operasi secara efektif. Jangan lupa untuk menggunakan krim penghilang bekas luka operasi yang mengandung bahan alami seperti ekstrak Cepalin, Tripeptol, dan Dimethicone untuk mempercepat proses penyembuhan. Hasilnya, bekas operasi akan mulai terlihat pudar setelah 14 hari.;

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya