Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dan Baru
Kulit Di Area Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama dan Baru

5 Min Reading

Bekas luka adalah masalah yang sering sekali terjadi, dan dampaknya dapat membuat kepercayaan diri juga jadi berkurang. Kebanyakan, luka bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari yang kadang kita tidak sadar, seperti terpeleset, tergores, atau tersandung hingga jatuh. Luka dari kegiatan semacam ini dapat membuat bekas yang butuh waktu cukup lama untuk menghilangkannya. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara ngilangin bekas luka, baik yang lama maupun yang baru. Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara memudarkan bekas luka baik yang sudah lama maupun baru, berikut di antaranya.

Fakta Menarik Seputar Bekas Luka yang Wajib Kamu Ketahui

Bekas luka pada kulit biasanya memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda. Ada yang besar dan menyakitkan, namun ada pula yang hampir tidak terlihat. Orang dengan kulit gelap lebih berisiko memiliki keloid, yaitu bekas luka yang timbul di luar area yang terluka. Tampilan bekas luka tergantung pada ukuran, jenis, dan lokasinya.(1) Namun pada umumnya, penampilan bekas luka dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Bagaimana luka itu terjadi, apakah dari operasi, luka bakar, atau jerawat yang parah.(1)
  2. Ukuran dan parahnya bekas luka serta lokasi luka.(1)
  3. Hasil pengobatan yang didapatkan untuk luka, seperti jahitan atau pembalutan perban juga dapat berpengaruh.(1)
  4. Selain itu, ada juga faktor usia, genetik, dan kesehatan seseorang secara keseluruhan juga dapat mempengaruhi proses penyembuhan.(1)

Semua faktor di atas dapat mempengaruhi bagaimana tampilan dan tingkat keparahan dari bekas luka terhadap kulit kita. Jadi, jika kamu memiliki bekas luka, perhatikanlah faktor-faktor tersebut untuk mengenali apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat keparahan bekas luka.

Tips Jitu Untuk Hilangkan Bekas Luka Lama dan Baru

Jika kamu sudah terlanjur memiliki bekas luka, baik lama atau baru, tak perlu khawatir. Karena, bekas luka masih bisa dihilangkan atau setidaknya disamarkan asal dilakukan dengan perawatan maksimal. Ketika kita berbicara tentang cara menghilangkan bekas luka atau menyamarkannya pada kulit, tentunya ada banyak cara yang bisa diterapkan. Berikut adalah di antaranya.(2)

  1. Cepalin
    Bawang merah atau Cepalin (Allium Cepa) adalah tanaman yang sering kita temui dan digunakan dalam masakan sejak lama, khususnya di Asia. Selain itu, bawang merah juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam perawatan kulit. Bawang merah memiliki efek anti mikroba yang membantu membersihkan kulit, menyembuhkan luka, meredakan peradangan, dan melawan penuaan dini. Selain itu, bawang merah juga kaya akan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kita.(3)
    Berikut adalah beberapa manfaat Cepalin sebagai cara memudarkan bekas luka:
    • Mempercepat Penyembuhan Luka
      Salah satu cara menghilangkan bekas luka bakar atau menyamarkannya adalah dengan perawatan. Misalnya, kandungan Cepalin dapat membantu memudarkan bekas luka karena memiliki sifat antiseptik alami yang efektif membunuh bakteri dan melawan jerawat pada kulit wajah. Selain itu, ekstrak bawang merah juga membantu menenangkan kulit yang teriritasi atau gatal. Sehingga bisa mengurangi kemunculan bekas luka dan memperbaiki tekstur kulit yang terkena luka. (3)
    • Mengurangi Peradangan
      Cepalin memiliki sifat anti inflamasi alami yang membantu mengurangi peradangan di sekitar area bekas luka. Selain itu, ekstrak bawang merah dapat meningkatkan regenerasi kulit, sirkulasi darah, dan memberikan tampilan kulit yang lebih segar dengan mengurangi kemerahan.(3)
    • Membantu Memudarkan Bekas Luka
      Cepalin juga digunakan sebagai cara mengurangi penampilan bekas luka yang menghitam dengan meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Hal ini membantu menyamarkan bekas luka dan meningkatkan tampilan kulit secara keseluruhan.(3)
    • Melembabkan Kulit
      Dengan kandungan yang larut dalam minyak dan air, ekstrak bawang merah juga dapat digunakan dalam berbagai jenis produk perawatan, seperti gel, krim dan emulsi sehingga membantu mencegah terjadinya kulit kering dan mempercepat proses penyembuhan.(3)
  2. Allantoin
    Allantoin adalah senyawa kimia alami yang terjadi secara alami. Dalam bentuk aslinya, Allantoin berupa bubuk putih yang tidak berbau. Allantoin juga merupakan zat yang melindungi dan merawat kulit yang sering digunakan dalam berbagai produk perawatan pribadi. Selain itu, Allantoin juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan luka pada kulit.(4) Berikut adalah beberapa manfaat Allantoin sebagai cara menghilangkan bekas luka atau men:
    • Melembabkan kulit
      Allantoin bisa membantu menjaga kelembaban, karena ia mampu mencegah air menguap dari kulit. Sehingga, bahan ini dapat mengurangi kemungkinan terbentuknya bekas pada luka yang sudah kering, sekaligus mengurangi penampilan bekas luka baru agar tak terlalu terlihat jelas.(5)
    • Meningkatkan elastisitas kulit
      Ketika kulit kita mulai kehilangan elastisitas, Allantoin adalah bahan yang baik sebagai pencegahan maupun pengobatan untuk kerutan dan garis halus. Cara kerja Allantoin adalah dengan melembutkan sel-sel kulit dan membantu dalam peningkatan produksi kolagen. Manfaat lainnya adalah mampu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi kusam.(5)
  3. Teknologi Rovisome
    Tahukah kamu, kalau gel atau krim yang diformulasikan dengan teknologi Rovisome akan memiliki penyerapan kandungan ke dalam kulit lebih baik? Ya, ketika memilih gel atau krim untuk bekas luka, bukan hanya kandungannya saja yang perlu kamu perhatikan. Dengan teknologi Rovisome, bahan yang ada di dalam gel atau krim jadi mudah diserap dalam waktu yang singkat, sehingga perawatan kulit bisa jadi lebih maksimal. Dibandingkan dengan formulasi lainnya, gel atau krim yang dibuat dengan teknologi Rovisome memungkinkan penetrasi kandungan hingga ke lapisan kulit bagian bawah.(6)

Gel atau Krim Perawatan Kulit Melawan Bekas Luka dengan Sempurna

Agar bekas luka bisa segera hilang atau memudar, sebaiknya gunakan gel atau krim yang mengandung Allantoin dan Cepalin, baik untuk bekas luka lama maupun baru. Kombinasi dua bahan ini dalam satu produk membantu proses penyembuhan kulit dan mengurangi peradangan dengan efektif. Perawatan kulit dengan menggunakan kandungan Cepalin dan Allantoin mampu memudarkan bekas luka, meredakan rasa tidak nyaman pada kulit, serta meningkatkan kelembaban kulit pada bekas luka operasi caesar.(7)

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Cleveland Clinic Team. Scars, Treatment and Cause. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11030-scars.
  2. Reema Patel, MPA, P-AC.Onion on Skin: Potential Benefits and How to Use https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-onions-can-benefit-your-skin#how-to-use.
  3. INCI Guide Team. Onion Bulb Extract|Allium Cepa|Ingredients. INCI Guide 
  4. Amanda Caldwell, MSN, APRN-C. Allantoin in Skincare: Benefits, safety and side effects https://www.medicalnewstoday.com/articles/allantoin#summary.
  5. Reema Patel, MPA, P-AC. Allantoin for Skin: Benefits, Uses and Expert Tips https://www.healthline.com/health/allantoin-for-skin#benefits.
  6. Kathryn Watson. How Onions Can Benefit Your Skin. Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-onions-can-benefit-your-skin#beneficial-properties.
  7. Conti, V., Corbi, G., Iannaccone, T., Corrado, B., Giugliano, L., Lembo, S., Filippelli, A., & Guida, M. (2020). Effectiveness and Tolerability of a Patch Containing Onion Extract and Allantoin for Cesarean Section Scars. Frontiers in pharmacology, 11, 569514. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7546780/.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Dengan mengatasi bekas luka hingga kulit kembali seperti sedia kala, kita dapat mengembalikan kepercayaan diri yang sempat hilang. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih produk perawatan bekas luka yang efektif. Pastikan perawatan kulit untuk memudarkan bekas luka memiliki kandungan bahan yang dapat memperbaiki sekaligus melembabkan kulit. Dengan demikian, kulit jadi sehat dan penampilan pun kembali seperti sedia kala.

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya