Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Membandel
Kulit Di Area Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Membandel

5 Min Reading

Luka bakar bisa dialami oleh siapa saja karena berbagai sebab, mulai dari kecelakaan kerja yang melibatkan bahan kimia, sengatan listrik dan radiasi hingga kecelakaan ringan di rumah seperti memegang peralatan masak yang panas, atau terpercik minyak panas. 1 Apapun penyebabnya, semua luka bakar akan meninggalkan bekas di kulit yang tidak bisa sepenuhnya hilang. Namun, dengan perawatan yang tepat bekas luka bakar bisa memudar seiring berjalannya waktu. 2 Berikut ini adalah rangkuman informasi seputar luka bakar dan cara menghilangkan bekas luka bakar yang bisa dicoba.

Mengenal Luka Bakar

Sebelum membahas cara menghilangkan luka bakar, kamu perlu mengetahui dulu hal dasar mengenai luka bakar itu sendiri. Luka bakar terjadi akibat paparan panas tinggi pada kulit yang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti terkena api, terpapar zat kimia keras, dan lain sebagainya. Ketika kulit terbakar, maka sel-sel kulit yang terpapar akan mati dan meninggalkan bekas. Pertanyaannya, apakah bekas luka bakar bisa hilang? Jawabannya adalah tergantung dari tingkat keparahan luka bakar itu sendiri. 2,3

Luka bakar yang melukai bagian luar kulit biasanya meninggalkan bekas luka tipis yang bahkan dapat memudar sampai tidak terlihat seiring berjalannya waktu. Namun, jika luka bakar mengenai lapisan kulit yang lebih dalam, biasanya bekas luka akan lebih tebal dan kentara sehingga butuh waktu lebih lama untuk menipis dan pudar. 2

Warna Bekas Luka Bakar

Menariknya, ternyata warna bekas luka bakar pada kulit bisa berbeda-beda tergantung tipe kulitmu. Bagi orang yang memiliki kulit cerah, bekas luka bakar umumnya berwarna kemerahan hingga merah muda. Sedangkan orang dengan warna kulit gelap, bekas luka bakar akan berwarna lebih gelap pula. Selain itu, orang dengan warna kulit gelap cenderung memiliki bekas luka dengan warna pucat karena banyak kehilangan pigmen, serta lebih rentan mengalami penebalan kulit pada bekas luka atau yang disebut dengan keloid. 2

Jenis-Jenis Luka Bakar

Luka bakar tidak bisa disamakan antara satu orang dengan yang lain. Pasalnya, tingkat keparahan luka tergantung dari durasi paparan panas tinggi terhadap kulit. 1 Secara umum, jenis luka bakar dibagi menjadi tiga tingkatan seperti di bawah ini: 2,3

  1. Luka bakar tingkat satu. bakar yang mengenai lapisan epidermis kulit atau lapisan terluar. Jika mengalami luka bakar tingkat satu, kulit akan terasa perih dan memerah namun tanpa terjadinya blister atau lepuhan. Umumnya luka bakar tingkat satu akan pulih dalam waktu 6 hari tanpa meninggalkan bekas.
  2. Luka bakar tingkat dua. bakar yang mencapai lapisan kulit kedua yang disebut dengan dermis. Jika mengalami luka bakar tingkat dua, kulit akan memerah, terasa perih dan melepuh. Luka bakar tingkat dua umumnya akan membaik dalam waktu 2-3 minggu, dan meninggalkan bekas luka.
  3. Luka bakar tingkat tiga. bakar yang paling parah. Luka bakar tingkat tiga ditandai dengan kulit yang berubah putih atau menghitam. Selain mengenai lapisan epidermis dan dermis, luka bakar tingkat tiga juga berpotensi mengenai jaringan otot hingga saraf. Itulah sebabnya, korban luka bakar di level ini kadang tidak merasakan sakit atau perih karena saraf yang mati. Butuh waktu lama untuk bisa pulih dari luka bakar tingkat tiga, dan bekas luka umumnya nampak jelas terlihat.

Penyembuhan Luka Bakar

Luka bakar bisa disembuhkan sendiri di rumah dengan catatan merupakan luka bakar ringan atau tingkat satu. Perawatan yang cepat setelah luka bakar terjadi dapat mengurangi potensi munculnya bekas luka. 3 Jika mengalami luka bakar ringan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yaitu: 2

Cara Merawat Bekas Luka Bakar

Dalam waktu sekitar 6 hari, umumnya luka bakar ringan akan membaik. 3 Namun, tetap ada kemungkinan luka meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang dalam waktu cepat. 4 Misalnya saja bekas luka setrika. Cara menghilangkan bekas luka bakar setrika dan bekas luka akibat kecelakaan ringan di dalam rumah lainnya sebenarnya mudah saja. Setidaknya ada empat cara untuk membuat bekas luka memudar, di antaranya 2:

Cara terbaik untuk menghindari terjadinya bekas luka bakar adalah dengan menghindari luka bakar itu sendiri. Maka dari itu, pastikan selalu cermat dan berhati-hati saat berkegiatan terutama yang berhubungan dengan sumber api atau panas agar luka bakar tidak terjadi.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Healthline. What Burns Cause Scars and How Are Burn Scars Treated? [Internet]. 2023. (cited October 2023). Available from: https://www.healthline.com/health/burn-scars.
  2. Verywell Health. Do Burn Scars Go Away? [Internet]. 2023. (cited October 2023). Available from: https://www.verywellhealth.com/burn-scars-treatment-4173075#:~:text=Treatment%20options%20for%20burn%20scars,and%20can%20lead%20to%20complications.
  3. Medical News Today. How to get rid of burn scars [Internet]. 2023. (cited October 2023). Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321314#_noHeaderPrefixedContent.
  4. MSKTC. Scar Management after Burn Injury [Internet]. 2016. (cited October 2023). Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321314#_noHeaderPrefixedContent.
  5. NBC News. The best scar treatments, according to dermatologists [Internet]. 2023. (cited December 2023). Available from: https://www.nbcnews.com/select/shopping/scar-treatments-rcna124032.
  6. Art of Skincare. What Is The Truth About Dimethicone? [Internet]. (cited December 2023). Available from: https://learn.artofskincare.com/what-is-the-truth-about-dimethicone/.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya