Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Pada Anak dan Dewasa
Kulit Di Area Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Pada Anak dan Dewasa

5 Min Reading

Meski penyakit cacar air lebih sering terjadi pada anak-anak, namun juga ada banyak orang dewasa yang masih memiliki bekas cacar air. Nah, bekas luka cacar ini bisa bertahan hingga lama. Mungkin, bagi sebagian orang bekas ini dapat menimbulkan rasa tak percaya diri terutama jika letaknya terlihat di bagian tubuh tertentu seperti wajah. Namun jangan khawatir, karena ada cara menghilangkan bekas cacar yang sudah lama maupun baru. Yuk simak selengkapnya di sini.

Bagaimana Bekas Luka Cacar Bisa Terbentuk?

Menggaruk terlalu keras pada bagian yang terkena cacar air dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit. Ketika kulit kita rusak karena luka yang dalam, tubuh akan memproduksi jaringan yang lebih tebal daripada kulit untuk memperbaikinya (disebut juga sebagai jaringan parut). Selain itu, kulit juga berpotensi mengalami peradangan, yang umum terjadi pada cacar air dan dapat menyebabkan cekungan pada kulit.(1)

Perawatan Kulit Untuk Bekas Cacar Pada Anak dan Dewasa

Tentunya, setiap orang pasti berharap untuk menghilangkan bekas luka ini, terutama jika luka tersebut terdapat di area wajah. Apalagi, jika cacar sudah terjadi sejak bertahun-tahun, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar yang berlubang sudah lama? Berikut di antaranya penanganan yang dapat kamu lakukan untuk memudarkan bekas luka cacar air.(1)

  1. Menjaga Kebersihan Kulit
    Cara menghilangkan bekas cacar yang pertama adalah dengan memahami bahwa dalam merawat bekas cacar, kebersihan merupakan faktor utama. Selalu pastikan untuk menjaga kebersihan bekas luka, goresan, atau cedera kulit lainnya. Caranya, cukup cuci bersih area bekas luka tersebut dengan air yang mengalir menggunakan sabun yang lembut untuk mencegah kuman dan menghilangkan kotoran.(2)
  2. Mandi dengan Oatmeal
    Oatmeal mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan melembabkan. Kamu dapat membeli oatmeal siap pakai untuk mandi dan membaca untuk mempelajari cara membuat oatmeal sendiri untuk menikmati manfaat menenangkan kulit dari oatmeal. Oleskan pada area kulit dan bilas setelah 15 menit dan perhatikan apakah ada tanda-tanda reaksi dari penggunaan oatmeal.(3)
  3. Mengenakan Pakaian yang Longgar
    Penting bagi kita untuk memilih pakaian yang nyaman dan terbuat dari serat alami seperti katun karena pakaian terlalu ketat dapat menggosok bekas luka cacar dan menyebabkan iritasi yang tidak diinginkan. Kita dapat memilih atasan yang longgar agar kulit tetap terlindungi.(4)
  4. Pengobatan Alami Untuk Merawat Kulit
    Konsumsi asupan yang banyak mengandung vitamin E dan A seperti alpukat, biji bunga matahari dan wortel. Makanan yang tinggi antioksidan seperti ikan dan telur juga membantu.(1,5) Vitamin E sering digunakan untuk mengobati bekas luka karena dianggap efektif. Bahan yang mengandung antioksidan seperti lemak kakao juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit secara efektif, meski tidak dapat mengurangi munculnya bekas luka.(1)
  5. Lakukan Eksfoliasi Kulit
    Salah satu cara menghilangkan bekas cacar di wajah maupun tubuh adalah dengan menggunakan teknik eksfoliasi. Eksfoliasi (pengelupasan) dapat membantu menghilangkan bekas luka. Gunakan scrub untuk menggosok bekas luka secara langsung. Dengan melakukan eksfoliasi, sel kulit mati pun perlahan mulai rontok dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Hasilnya, kulitmu akan tampak lebih segar dan bercahaya.(1) Namun, jangan sampai over eksfoliasi yang justru akan membuat kulit menjadi iritasi. Eksfoliasi hanya boleh dilakukan maksimal 1-2 kali per minggu, kemudian jangan lupa untuk diberikan salep pelembab.
  6. Krim/Gel Untuk Memudarkan Bekas Luka
    Cara untuk mengurangi penampilan bekas cacar bisa dilakukan dengan mengoleskan krim/gel yang mengandung Allantoin karena dapat membantu mengurangi gatal(6) dan Cepalin untuk memudarkan bekas luka.(7) Selain itu, krim/gel bekas luka untuk dewasa dengan teknologi rovisome dapat membantu penyerapan ke dalam kulit lebih baik.(8)

Tips Mengoleskan Krim Untuk Bekas Cacar

Ketika menggunakan krim/gel luka, ikuti petunjuk yang tertera di kemasan. Selain itu, tetap bersabar dalam menjalani perawatan bekas luka. Gunakan produk sesuai petunjuk dan durasi waktu yang ditentukan. Mungkin akan dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 6 bulan sebelum kamu benar-benar bisa melihat hasil yang signifikan.(4)

  1. Mulai Dengan Membersihkan Kulit
    Mulailah dengan membersihkan area kulit yang akan diberi krim/gel. Cuci dan keringkan kulit kamu di area tersebut sebelum mengoleskan krim/gel. Pastikan kulit dalam keadaan bersih dan kering sebelum penggunaan.(4) Oleskan krim/gel secara merata pada bekas ruam cacar air. Jangan gosok atau garuk area kulit tersebut, karena hal ini justru dapat memperburuk keadaan kulit.
  2. Berikan Waktu yang Cukup Sebelum Mengoleskan Krim atau Gel Kembali
    Ulangi penerapan krim/gel setiap beberapa jam, terutama jika bekas luka cacar air terasa sangat gatal atau terasa tidak nyaman. Namun, jangan terlalu cepat untuk mengulangi pengolesan. Bekas luka, baik yang lama maupun baru, tidak akan bisa berubah dalam semalam. Jadi, lakukan perawatan bekas luka sesuai dengan dosis dan anjuran yang disarankan.(4)
  3. Tetap Jaga Kulit Agar Bekas Luka tak Bertambah Parah
    Mengenakan tabir surya dapat membantu mencegah bekas luka menjadi lebih gelap. Bekas luka yang berwarna lebih gelap cenderung lebih mudah terlihat, jadi disarankan untuk memakai sunscreen setidaknya yang memiliki SPF 30 agar dapat membantu mengurangi visibilitasnya. Jika gatal jangan digaruk karena bisa memperburuk tekstur kulit.(9)

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. Catherine Hannan, M.D. How to Remove Chickenpox Scars in Adults and Children. Healthline
    https://www.healthline.com/health/chickenpox-scars#TOC_TITLE_HDR_1. 
  2. AAD. Proper Wound Care: How to Minimize a Scar. American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/wound-care-minimize-scars.
  3. Debra Rose Wilson, Ph.D, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT. Oatmeal Baths: How They Soothe Skin. Healthline
    https://www.healthline.com/health/oatmeal-bath#oatmeal-safety. 
  4. Corey Whelan. 8 Best Scars Creams for 2023. Healthline
    https://www.healthline.com/health/best-scar-cream#how-to-use.
  5. Taylor Jones. The 12 Best Foods for Healthy Skin. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-foods-for-healthy-skin
  6. Kyra Oliver. How to Get Rid of Scars Naturally: 8 Remedies. Dr. Axe
    https://draxe.com/beauty/how-to-get-rid-of-scars/. 
  7. Julian Poetschke and Gerd G. Gauglitz. Chapter 24, Textbook on Scar Management: State of the Art Management and Emerging Technologies. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK586084/.
  8. Skincian Team. 3-0-Ethyl Ascorbic Acid for Skin. Skinician
    https://www.skinician.com/pages/3-o-ethyl-ascorbic-acid-for-skin.
  9. Jon Johnson. Best treatments for chickenpox scar removal. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323651#prevention-tips.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Itulah beberapa cara untuk memudarkan bekas cacar luka di muka atau bagian tubuh lainnya. Bekas cacar lama maupun baru, baik untuk pada anak dan dewasa, semua tetap bisa diatasi. Ingat, proses pemulihan kulit tentunya akan membutuhkan waktu dan tidak dapat terjadi secara instan. Jangan terburu-buru mengharapkan hasil seperti sediakala, tetapi tetaplah berkomitmen untuk merawat kulit kamu dengan metode yang telah dijelaskan di atas. Dengan begitu, kamu dapat mengembalikan kulit seperti sedia kala sekaligus rasa percaya diri yang mungkin sempat hilang.

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya