Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Cara Memudarkan Bekas Jerawat Yang Sulit Hilang
Kulit Di Area Bekas Luka

Cara Memudarkan Bekas Jerawat Yang Sulit Hilang

5 Min Reading

Bagi banyak orang, bekas jerawat bisa membuat mereka kehilangan rasa percaya diri, entah karena tetap ingin berpenampilan menarik di sekolah atau kantor, atau minder ketika sedang mencari pasangan.(1) Jika hal yang sama terjadi padamu, jangan khawatir. Dengan mengenali tips yang bisa diterapkan sendiri di rumah, bekas tersebut bisa hilang secara perlahan. Apa saja? Baca selengkapnya tentang cara memudarkan bekas jerawat di artikel kali ini.

Kenapa Bekas Jerawat Susah Hilang?

Saat berjerawat, pori-pori wajah yang tersumbat dapat mengakibatkan radang dan bengkak akibat infeksi bakteri. Ditambah lagi, benjolan jerawat ini menembus hingga ke bagian dalam kulit dan merusaknya. Nah, bekas ini mulai terlihat lebih jelas ketika jerawat sudah hilang.(2) Genetik juga bisa menjadi salah satu faktor risiko. Selain itu, bekas jerawat juga sering terjadi saat kulit kekurangan kolagen seiring bertambahnya usia.(3)

Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Seringkali, seseorang bisa memiliki kombinasi PIH, PIE, dan scar yang ketiganya sama-sama merupakan bekas jerawat:(4)

Berapa Lama Bekas Jerawat Bisa Hilang Sendiri?

Para ahli mengatakan bahwa noda hitam di lapisan atas kulit dapat berlangsung selama 6-12 bulan. Namun, perlu waktu bertahun-tahun untuk memudarkan bekas jerawat yang terjadi di lapisan kulit bagian dalam. Untuk mempercepat penyembuhan, kamu harus menjaga kulit dengan perawatan yang tepat, termasuk menggunakan produk penghilang bekas jerawat yang bisa didapatkan di apotek terdekat.(5)

Cara Memudarkan Bekas Jerawat yang Sulit Hilang

Terkadang, jerawat yang sudah sembuh akan meninggalkan noda hitam pada kulit. Kondisi ini dikenal sebagai hiperpigmentasi, atau sering juga disebut sebagai bekas jerawat.(3) Berikut ini adalah beberapa cara memudarkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung Cepalin dan Allantoin:

  1. Oleskan gel atau krim yang mengandung Cepalin dan Allantoin
    Kandungan allantoin bukan hanya dapat menyingkirkan sel kulit mati, namun juga melembutkan kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen.(6) Sementara itu, Allium Cepa atau Cepalin merupakan ekstrak bawang yang tinggi antioksidan, sehingga dapat membantu mencerahkan kulit dan melawan bakteri penyebab peradangan.(7)
  2. Pilih gel atau krim berteknologi Rovisome
    Gel atau krim yang diformulasikan dengan teknologi Rovisome memiliki kandungan yang terserap ke lapisan kulit dalam waktu yang singkat dengan tingkat konsentrasi lebih tinggi. Dibandingkan dengan formulasi lainnya, krim yang mengandung Rovisome memungkinkan penetrasi kandungan hingga ke lapisan epidermis bagian bawah lebih baik.(8)
  3. Lindungi dari paparan sinar matahari
    Mengoleskan sunscreen setiap hari dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam akibat jerawat.(3) Karena, menerima terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat membuat bekas luka menjadi lebih gelap dan lebih terlihat. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar kamu menggunakan tabir surya terutama ketika akan bepergian atau beraktivitas di luar ruangan.(2)
  4. Bersihkan wajah secara wajar
    Cara mengatasi bekas jerawat yang tidak bisa diabaikan adalah dengan membersihkan kulit setiap hari. Jangan lewatkan rutinitas perawatan kulit dengan mencuci wajah dan menghapus riasan make up sebelum tidur. Namun, ingat agar jangan sampai mencuci atau menggosok kulit secara berlebihan ya. Pasalnya, hal ini justru dapat mengurangi elastisitas kulitmu. Jika demikian, kulit akan menjadi semakin sulit untuk benar-benar sembuh dari bekas jerawat.(2)
  5. Jalani gaya hidup yang sehat
    Selain perawatan langsung ke bagian kulit, cara memudarkan bekas jerawat yang membandel juga perlu dilakukan dari dalam. Pastikan tubuh sudah terhidrasi dengan minum banyak air. Selain untuk menghilangkan racun dari tubuh, cara ini juga bisa mengurangi potensi kemunculan jerawat dan bekas baru. Hindari rokok karena dapat memperparah pembentukan bekas luka.(2)
  6. Tetap bersabar selama prosesnya
    Gel atau krim dapat memudarkan noda hitam baik yang disebabkan oleh bekas jerawat yang sudah lama maupun baru. Perawatan dengan gel atau krim tentunya akan membantu untuk memudarkan bekas luka jerawat, asalkan kamu selalu menerapkannya dengan jadwal yang konsisten sesuai anjuran. Untuk hasil maksimal, jangan hentikan pemakaian sebelum bekas jerawat benar-benar hilang, atau ketika warnanya sudah terlihat menyatu dengan warna kulit asli.(9) Demikianlah beberapa cara memudarkan bekas jerawat membandel yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. AAD Team. Acne Scars: Diagnosis and Treatment. American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/diseases/acne/derm-treat/scars/treatment.
  2. Dr. Anita Dhanorkar, BHMS. How Do You Get Rid of Acne Scars Naturally? Medicine Net. https://www.medicinenet.com/how_do_you_get_rid_of_acne_scars_naturally/article.htm.
  3. Valencia Higuera. Acne Scars 101: A Complete Guide to Getting Smooth Skin Again. Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/acne/remove-acne-scars.aspx.
  4. Yoon-Soo Cindy Bae Harboe & Emmy M. Graber. Easy as PIE (Post Inflammatory Erythema). The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology September 2013. 46-47. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3780804/#:~:text=PIE%20is%20distinct%20from%20PIH,%2C%20PIE%2C%20and%20true%20scars.
  5. Danielle Dresden. How to Remove Dark Spots Caused by Pimples. Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-remove-dark-spots-caused-by-pimples#timeline.
  6. Lianna Bass. All About Allantoin: The Ingredient That Does Wonders for Sensitive Skin. Greatist. https://greatist.com/live/allantoin.
  7. Kathryn Watson. How Onions Can Benefit Your Skin. Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-onions-can-benefit-your-skin#beneficial-properties. 
  8. W Pittermann. Penetration studies of vitamin E acetate applied from cosmetic formulations to the stratum corneum.  Journal of Cosmetic Science. https://www.researchgate.net/profile/Peter_Lampen/publication/10787530_Penetration_studies_of_vitamin_E_acetate_applied_from_cosmetic_formulations_to_the_stratum_corneum_of_an_in_vitro_model_using_quantification_by_tape_stripping_UV_spectroscopy_and_HPLC/links/09e4150a359e2a3f2e000000/Penetration-studies-of-vitamin-E-acetate-applied-from-cosmetic-formulations-to-the-stratum-corneum-of-an-in-vitro-model-using-quantification-by-tape-stripping-UV-spectroscopy-and-HPLC.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail&_rtd=e30%3D. 
  9. Kushneet Kukreja. Can Mederma Be Used To Treat Acne Scars? Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/mederma-be-used-to-treat-acne-scars/.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary

Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya