Promo Spesial Produk Scar Gel dan Stretch Mark! Lihat Produk
Berapa Lama Luka Jahitan Sembuh? Ini Caranya Biar Cepat Pudar
Kulit Di Area Bekas Luka

Berapa Lama Luka Jahitan Sembuh? Ini Caranya Biar Cepat Pudar

5 Min Reading

Pada beberapa kasus luka terbuka dibutuhkan penanganan medis berupa prosedur jahit. Prosedur ini dilakukan bukan hanya untuk menutup luka, namun juga membantu menghentikan pendarahan serta mempercepat penyembuhan luka(1,2). Berdasarkan kondisi pasien, dokter akan menggunakan baik benang jahit dissolvable yang dapat diserap tubuh, atau benang jahit biasa yang harus diangkat setelah beberapa hari.2 Kondisi jahitan luka akan memengaruhi berapa lama luka jahitan sembuh. Jika jahitan bagus dan tidak terjadi infeksi, luka akan sembuh dalam 6 - 8 minggu(3).

Kendati luka bekas jahitan bisa sembuh dengan sendirinya, jangan mengabaikan perawatan luka di masa penyembuhan ini. Pasalnya, membiarkan luka jahitan tanpa perawatan adalah penyebab kenapa luka lama sembuh.(1,2,3,4) Supaya bekas luka jahitan bisa hilang bahkan tanpa bekas, berikut ini adalah info mengenai berapa lama luka jahitan sembuh dan beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan setiap hari sampai luka benar-benar pulih.

Berapa Lama Luka Jahitan Sembuh?

Sebelum masuk ke prosedur perawatan luka jahitan, ketahui dulu waktu yang dibutuhkan agar luka menutup sempurna dan berapa lama bekas luka hilang. Kecepatan penyembuhan dan proses regenerasi kulit sebenarnya tergantung dari beberapa faktor, termasuk bagus tidaknya jahitan yang diberikan dan juga kondisi tubuh si pasien sendiri.(3,4) Jika jahitannya bagus, perawatannya tepat dan kondisi pasien sehat, proses recovery akan berlangsung dengan lebih cepat.

Namun, jika diambil rata-rata, pada umumnya luka jahitan akan menutup sempurna atau sembuh dalam waktu 6 - 8 minggu(3). Sedangkan, agar bekas luka jahitan memudar bahkan hilang, dibutuhkan waktu setidaknya 3 bulan(1,3). Mengingat ini bukan waktu yang singkat, dibutuhkan perawatan luka jahitan yang tepat supaya proses penyembuhannya lebih cepat dengan hasil yang lebih baik.

Cara Merawat Luka Jahitan Agar Cepat Pudar(2,3,4)

Sebagian besar luka jahitan meninggalkan bekas seperti warna kulit yang lebih terang atau bahkan munculnya kulit yang tidak rata karena bekas luka membentuk benjolan. Walaupun mungkin tidak bisa kembali seperti sedia kala, namun setidaknya bekas luka bisa diminimalkan atau dipudarkan dengan lebih baik jika mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

  1. Cuci tangan sebelum merawat luka jahitan. sangat penting dilakukan supaya luka tidak terpapar bakteri atau kuman yang menempel di tangan. Jika perlu, gunakan sarung tangan untuk memastikan tangan steril.
  2. Ganti perban. Luka jahitan biasanya ditutup dengan perban atau kasa steril agar tetap kering dan debu serta kotoran tidak menempel. Supaya luka lebih cepat sembuh, gantilah perban secara rutin setidaknya 2 hari sekali atau setiap perban nampak lembab.
  3. Bersihkan luka jahitan. Ketika perban dibuka, jangan lupa untuk membersihkan luka jahitan menggunakan alkohol kemudian berikan iodine atau obat luar lain yang disarankan oleh dokter.
  4. Kompres luka jahitan dengan air dingin. dilakukan untuk meringankan bengkak yang biasa muncul di sekitar luka jahitan. Gunakan handuk yang sudah direndam air dingin, alih-alih menggunakan es batu karena teksturnya terlalu keras untuk kulit yang terluka.
  5. Mandi dengan air hangat. Menjaga kebersihan tubuh ketika memiliki luka jahitan itu penting untuk menghindari paparan kuman dan bakteri penyebab infeksi. Ketika mandi, pastikan untuk menutup luka terlebih dahulu agar tidak basah. Jika lembab sehabis mandi, keringkan area luka jahitan dengan menepuk-nepuknya lembut menggunakan handuk.
  6. Tutupi kembali dengan perban. Setelah dibersihkan hingga dimandikan, keringkan area sekitar luka jahitan. Kemudian tutup dengan perban atau kasa steril.
  7. Jaga luka jahitan tetap bersih. Selama luka jahitan masih dalam proses penyembuhan, pastikan untuk menjaganya tetap bersih baik dengan rutin mengganti perban hingga menghindari kegiatan yang berpotensi membasahi atau mengotori luka. Misalnya saja olahraga, berenang dan juga bermain di tempat berpasir atau berlumpur.
  8. Jaga asupan dengan pola makan sehat. Kondisi tubuh yang prima juga merupakan faktor penting untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan. Pastikan selalu makan makanan bergizi, terutama yang mengandung protein tinggi karena sangat berguna untuk regenerasi kulit dan sel tubuh. Daging, ikan, telur, dan produk olahan susu adalah beberapa sumber makanan dengan kandungan protein tinggi.

Perawatan Bekas Luka Jahitan

Jika luka jahitan sembuh dan telah sepenuhnya tertutup, langkah selanjutnya adalah merawat bekas luka dengan menjaga kelembaban dan pertahanan sawar kulit. Kamu bisa menggunakan krim/gel yang mengandung cepalin botanical extract, tripeptol (nourishing complex dari peptida, kolagen dan antioksidan), serta dimethicone(5).

Karena pada dasarnya, salah satu keunggulan utama dari dimethicone adalah sifatnya yang aman bagi kulit. Sebagai silikon dengan molekul besar, dimethicone tidak hanya bertindak sebagai pelembab dengan perlindungan yang efektif, tetapi juga tidak merusak sawar kulit (skin barrier)(6). Ini akan membantu dalam proses memperbaiki, menjaga kelembaban, dan menghaluskan bekas luka jahitan sehingga bekas luka cepat memudar.

Artikel ini ditinjau oleh:
Team Medical Combiphar

Referensi:

  1. NHS Team. How I Should Care for My Stitches? NHS Diakses dari https://www.nhs.uk/common-health-questions/accidents-first-aid-and-treatments/how-should-i-care-for-my-stitches/.
  2. Health Direct Team. Caring for Sutures. Health Direct. Diakses dari https://www.healthdirect.gov.au/caring-for-your-sutures.
  3. Noreen Iftikhar. What to Expect During the 4 Stages of Wound Healing. Healthline. Diakses dari https://www.healthline.com/health/skin/stages-of-wound-healing#poor-wound-healing
  4. WebMD Team. How to Take Care of Your Stitches. WebMD. Diakses dari https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/cosmetic-procedures-stitches
  5. Bajjani, et al. (2023). Onion-extract-based, Research in Trials. OAT. Diakses dari https://www.oatext.com/pdf/CRT-9-375.pdf.
  6. Joanne Lefsley. (2022). What Is Dimethicone and What Are Its Benefits? Medical News Today. Diakses dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/dimethicone#benefits.

Mederma® Advanced Gel

Mederma® Advanced Gel

Beli di Sini

Summary


Artikel Lainnya

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

Cara Merawat Bekas Luka Lecet di Kulit

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Punya Bekas Luka? Ini Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya
Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

Hacks Perawatan Bekas Luka Pasca Operasi Agar Kembali Percaya Diri

07 / 04 / 2024
5 min reading
Baca selengkapnya